Jawab: YA
Layanan membuat website forum gratis di sayalagi dot com sudah mendungkung akses protokol keamanan HTTPS.

Hypertext Transfer Protocol Secure (HTTPS) adalah ekstensi dari Hypertext Transfer Protocol (HTTP). Ini digunakan untuk komunikasi aman melalui jaringan komputer, dan banyak digunakan di Internet. Dalam HTTPS, protokol komunikasi dienkripsi menggunakan Transport Layer Security (TLS) atau, sebelumnya, Secure Sockets Layer (SSL). Protokol karena itu juga disebut sebagai HTTP over TLS, atau HTTP over SSL.

Anda dapat mengatur apakah pengunjung web forum anda hanya boleh mengakses via HTTPS, melalui pengaturan di halaman cpanel admin (Administrasi) dan membuka menu Options namaforumgratisanda.sayalagi.com/admin_options.php dan mengatur Security.

https://cdn.pixabay.com/photo/2018/10/08/19/49/http-3733305_960_720.jpg

Saat ini, sayalagi dot com hanya menyediakan 3 jenis fitur security:

HTTPS by Default⇐,
Secara SEO, Jika opsi ini dipilih, kanonis dengan versi https ditambahkan ke setiap halaman. Ketika robot mesin pencari (search engine) mengindeks, maka mesin pencari akan menyimpan persis halaman HTTPS dan setelah beberapa waktu hanya versi HTTPS situs yang akan tetap dibaca sebagai URL utama oleh mesin pencari. Opsi ini mungkin sama dengan mengubah alamat di konsol pencarian google. Namun pengunjung tetap bisa mengakses via HTTP dan HTTPS. Untuk fungsionalitas SEO, maka opsi ini adalah pilihan terbaik untuk web forum gratis yang baru dibuat

Redirect to HTTPS⇐,
Jika opsi ini diaktifkan maka akan terjadi pengalihan alamat URL ke versi HTTPS di mana pengunjung dipaksa hanya bisa mengakses via HTTPS. Tetapi Anda perlu tahu bahwa sistem pengalihan yang diterapkan dalam opsi ini adalah Redirect 302 yaitu akan memberitahukan kepada mesin pencari bahwa situs anda hanya menerapkan pengalihan sementara dari HTTP ke HTTPS, bukan redirect 301 (redirect permanen). Berdasarkan teori SEO, jika tujuan anda menggunakan HTTPS adalah untuk selamanya, maka opsi ini kurang tepat untuk situs anda. Namun untuk web forum gratis yang telah lama dibuat dan sebelumnya telah dikenal oleh mesin pencari sebagai HTTP, maka opsi pengalihan sementara ini bisa digunakan untuk proses pengenalan dan perbaikan kode-kode js, semua alamat url file, style css, dll. Hingga setelah semuanya diarahkan ke HTTPS, admin forum dapat segera mengganti ke opsi HTTPS by Default.

HTTP by Default⇐,
Jika opsi ini dipilih, maka tidak ada kanonik ke HTTPS, tidak ada pengalihan ke HTTPS. Namun sistem forum tetap akan mengizinkan pengunjung untuk bisa mengakses baik via HTTP maupun HTTPS. Hanya saja sistem forum akan memberitahukan kepada semua search engine bahwa URL utama situs anda menggunakan HTTP bukan HTTPS. Berdasarkan teori SEO, opsi ini tidak baik untuk peringkat search engine DAN keamanan pengguna saat login).

Keunggulan menggunakan HTTPS dari pada HTTP adalah sebagai berikut:
1. Keamanan akses yang lebih baik bagi pengunjung dan pengguna yang login di forum.
2. Browser terkini tidak akan menampilkan pesan di tab bahwa situs ini tidak aman, situs ini tidak dilindungi, dan sejenisnya. Artinya, HTTPS akan membuat situs anda dikenali oleh browser sebagai situs yang aman untuk diakses maupun untuk pengguna login.
3. Mesin pencari seperti google akan memprioritaskan situs HTTPS dan memberikan peringkat situs HTTPS lebih baik dari pada HTTP.
4. Bekerja melalui protokol HTTP / 2, yang memungkinkan dalam beberapa kasus memuat halaman lebih cepat, meskipun itu dienkripsi.
5. Statistik yang lebih akurat (dalam metrik Yandex, Google analytics, atau layanan lainnya). Lalu lintas dari situs https ke forum http dianggap langsung, bukan rujukan.

TAMBAHAN:

  • Jika anda menggunakan domain kustom, opsi pengaturan tetap sama seperti di atas, dan forum anda tetap bisa diakses melalui https:// namadomainanda dot com.

  • Perubahan URL khusus penggunaan kustom domain dari http ke https memerlukan waktu antara 5 menit hingga 1x24 untuk dapat dikenali oleh browser. Jika anda membuka URL kustom domain via https di masa waktu tersebut, maka browser akan memberikan Natifikasi Peringatan seperti: Potensi Risiko Keamanan atau sejenisnya. Jangan kuatir, setelah masa 5 menit hingga 1x24 Jam, browser akan segera mengenali dan menghapus natifikasi potensi resiko.

  • Tentang Kustom Domain, baca panduan di: Bagaimana Cara Membuat Kustom Domain untuk Alamat URL Forum Anda?

Jika anda bingung cara mengatur protokol security di atas, maka anda bisa bertanya melalui kolom komentar yang tersedia di bawah topik ini.